Informasi Donatur

Yayasan Sosial Bina Sejahtera disingkat YSBS berdiri pada tanggal 12 Maret 1976. Pendirinya adalah Pastor Patrick Edward Burrows, O.M.I. yang akrab disapa Romo Carolus.
Program-program YSBS meliputi bidang kesehatan, pendidikan, Kelompok Swadaya Wanita, infrastruktur, penghijauan Nusa Kambanganan, sosial karikatif, tanggap darurat bencana, beasiswa kambing, dll. Semua program-program tersebut merupakan wujud nyata dari visi dan misi YSBS.
Dengan begitu banyaknya program yang meliputi berbagai aspek kehidupan masyarakat, tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit. YSBS selama ini sudah bekerja sama dan mendapat bantuan dana dari donatur secara rutin, baik dari dalam maupun luar negeri. Lembaga donor yang sudah membantu YSBS antara lain Misereor, Child Fun, Rotary Cilacap, Rotary Internasional, Kindermissionwerk, Misean Cara, Oke Peduli Bangsa, Cerdas Foundation, Trocaire, MAMI Australia, MAMI Irlandia, dan Kedutaan Irlandia.
Selain lembaga donor di atas masih ada donatur-donatur lain baik perorangan maupun lembaga yang setia membantu program-program YSBS. Tanpa mereka, visi dan misi YSBS hanyalah wacana semata dan tidak bisa terealisasikan untuk membantu mereka yang terkecil, termiskin, dan terpinggirkan.
Namun seiring perkembangan zaman dan semakin banyak orang-orang yang perlu mendapatkan bantuan dari program YSBS, dana yang terkumpul dari para donatur belum cukup.
Program pendidikan misalnya, masih membutuhkan banyak dana untuk tetap bisa berjalan. YSBS saat ini memiliki 23 sekolah dari tingkat TK sampai dengan SMA/SMK dan 1 LKP. Lokasinya berada di beberapa daerah antara lain Cilacap, Jeruklegi, Kawunganten, Sidareja, Gandrungmangu, Majenang, Sokaraja, dan Kroya. Daerah tersebut terletak di Jawa Tengah, Indonesia.
Dari sekolah-sekolah di bawah naungan YSBS, 3 sekolah sudah disahkan oleh Dinas Pendidikan Cilacap sebagai sekolah inklusi yaitu TK Maria Immaculata di Cilacap, SD Maria Immaculata di Cilacap, dan SMP Maria Immaculta di Cilacap. Sebagai sekolah inklusi, ketiga sekolah tersebut menerima siswa-siswi dengan kebutuhan khusus (anak berkebutuhan khusus/ABK). Beberapa di antara siswa-siswi ABK juga ada yang berasal dari keluarga pra sejahtera yang membutuhkan bantuan secara finansial untuk dapat mendapatkan pendidikan yang layak.
Beberapa sekolah-sekolah kami terletak di daerah yang mayoritas penduduknya belum berkecukupan, misalnya di Sokaraja, Sidareja, Kawunganten, dan Gandrungmangu.
Tujuan YSBS mendirikan sekolah-sekolah tersebut untuk memanusiakan manusia dan mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menyediakan pendidikan gratis untuk yang termiskin melalui pemberian bea siswa, sesuai dengan Misi YSBS poin ke 3.
Kualitas pembelajaran dari sekolah-sekolah di bawah naungan YSBS pun tetap menjadi perhatian utama. Maka dari itu tenaga pendidik berkualitas tetap mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah-sekolah tersebut. Tetapi di saat ini, persaingan di dunia pendidikan bagaikan persaingan di dunia bisnis. Sekolah-sekolah berlomba-lomba mendapatkan siswa, promo-promo misalnya bebas uang gedung, dll banyak digunakan sebagai daya tarik.
Bagi sekolah-sekolah di bawah naungan YSBS, pemberian berbagai jenis bea siswa menjadi alat promo utama. Bea siswa tersebut antara lain berasal dari donatur-donatur, sampai dengan saat ini masih banyak siswa-siswi memerlukan bantuan. Namun untuk biaya operasional lainnya juga membutuhkan dana yang tidak sedikit. Misalnya pemeliharaan gedung, alat belajar mengajar, gaji guru dan karyawan, dan pengeluaran lainnya.
Maka YSBS membutuhkan bantuan dana untuk tetap mendukung berjalannya program-program YSBS, khususnya di bidang pendidikan. Terima kasih atas bantuan Anda. Sekecil apa pun jumlah bantuan Anda bisa membantu anak bangsa mendapat pendidikan yang layak.
Bantuan donasi bisa langsung dikirimkan melalui:
BRI Cab. Cilacap
Nama Pemilik Rekening : Yayasan Sosial Bina Sejahtera
Nomer Rekening : 010601010075506