SMK Yos Soedarso Sidareja, salah satu sekolah di bawah naungan Yayasan Sosial Bina Sejahtera yang beralamat di Jl. Ranggasena No.596, Sidareja, Kabupaten Cilacap memiliki kerjasama yang baik dengan beberapa perusahaan. Maka tidak heran jika alumni dari sekolah tersebut bisa bekerja di perusahaan-perusahaan nasional dan internasional.

Salah satu dari alumni yang beruntung tersebut adalah Muhamad Inshan Priyana yang baru saja lulus pada tahun 2016. Dia mendapat kesempatan untuk berkerja di kapal Maguro Sen yang merupakan kapal tuna dari Jepang.

Pada awal tahun ini perusahaan tersebut melakukan seleksi kerja di SMK Yos Soedarso Sidareja, khususnya untuk siswa dari Program Teknik Kapal Penangkap Ikan. Saat itu ada 40 siswa yang ikut seleksi, hasil akhir hanya 15 siswa yang diterima, dan 3 siswa mengundurkan diri. Dari 12 siswa yang bertahan dibagi menjadi 2 kelompok berdasarkan kemampuan fisik dan akademis. Kelompok A terdiri dari 5 orang dan kelompok B terdiri dari 7 orang.

Seleksi lanjutan tetap dilakukan, dari 5 orang di kelompok A semuanya dinyatakan lulus saat seleksi pada bulan Juni-Agustus 2016 lalu. Sedangkan seleksi kelompok B akan dilaksanakan pada September-November 2016.

“Tes yang dilakukan antara lain tes akamdemik misalnya matematika, tes fisik seperti push up, tes kesehatan meliputi kesehatan mata dan pendengaran, juga ada tes bahasa Jepang,” jelas Muhamad Inshan Priyana mengenai berbagai tes yang sudah dilalui.

Muhamad Inshan Priyana dan teman-teman lainnya sudah siap untuk bekerja di kapal milik Jepang. Kontrak kerja selama 3 tahun akan dilaluinya dan berlayar di Samudera di perairan Jepang. Walaupun jauh dari kedua orang tuanya, Pak Daspin dan Bu Surtini, dia sudah siap untuk bekerja sesuai dengan impian dan cita-citanya.

IMG_5790Muhamad Inshan Priyana berfoto dengan Kepala Sekolah SMK Yos Soedarso Sidareja, Ir. Parsiyan, S. Pd.MM

Ir. Parsiyan, S. Pd.MM sebagai Kepala Sekolah SMK Yos Soedarso Sidareja sangat bangga beberapa alumni dari sekolah yang dipimpinnya bisa bekerja di perusahaan besar dan sesuai dengan bidang yang dipelajarinya saat di sekolah. Beliau sangat mendukung bahkan memberikan semangat secara khusus untuk alumni-alumni SMK Yos Soedarso yang berhasil mendapatkan pekerjaan yang diinginkan mereka.