CILACAP– Setelah sukses mencetak sawah di Dusun Pelindukan, Desa Ujunggagak, Kecamatan Kampung Laut seluas 250 hektare, kini Rotary Club (RC) Cilacap akan men cetak sawah baru lagi di desa tersebut.

Kali ini RC Cilacap akan mencetak sawah baru di Dusun Ciberem, Desa Ujunggagak, Kecamatan Kampung Laut, melalui Proyek Global Grant 1638489 Continuation of Land Reclanation Toward Food Security. Agar bisa mencetak sawah di Dusun Ciberem, RC Cilacap akan membangun lima unit saluran air. Peletakan batu pertama pembangunan saluran tersebut dilakukan Past District Governor (PDG) Rotary 3410 Indonesia, Eva Kurniaty, Rabu (18/1).

Acara dihadiri Ketua Yayasan Sosial Bina Sejahtera (YSBS) Romo Carolus, President RC Cilacap Dimyati Amir, Sekretaris RC Cilacap Iwan Prananto, Sekcam Kampung Laut Didik Herdiman, Kades Ujunggagak Suprapto Jadi, anggota RC Cilacap Wijayakusuma dan RC Purwokerto. Sekretaris RC Cilacap, Iwan Prananto mengatakan, saluran tersebut dibangun untuk me ngalirkan air dari Sungai Cimeneng ke rawa. Air dialirkan pada saat Sungai Cimeneng banjir.

Pada saat Sungai Cimeneng tidak banjir, air yang semula mengisi rawa akan dialirkan lagi ke sungai tersebut sehingga yang tersisa hanya tinggal lumpur saja. Setelah rawa itu terisi lumpur maka petani setempat tinggal mencetaknya menjadi sawah. Ditargetkan, luas sawah yang akan dicetak di Dusun Ciberem mencapai 500 hektare.

Rp 1,5 Miliar

”Masyarakat di Dusun Ciberem sangat mendukung proyek tersebut karena Rotary Club Cilacap telah berhasil mencetak sawah di Dusun Pelindukan, Desa Ujunggagak. Sekarang rawa di Dusun Pelindukan sudah menjadi sawah. Petani setempat bisa panen dua kali setahun.

Pada saat panen perdana, per hektare menghasilkan 5,6 ton,” katanya. Past District Governor (PDG) Rotary 3410 Indonesia, Eva Kurniaty mengatakan, Proyek Global Grant 1638489 Continuation of Land Reclanation Toward Food Security di Dusun Ciberem, Desa Ujunggagak, Kecamatan Kampung Laut dibiayai oleh Rotary dengan dana 120.094 dolar USAatau sekitar Rp 1,5 miliar.

Penyandang dana tersebut adalah Rotary District 3640 Korea, District 3700 Korea, District 3410 Indonesia (RC Jakarta Sunter Centennial dan RC Jakarta Gambir), RC Seoul Karam Korea, RC Bukit Bintang Malaysia, dan RC Jakarta Menteng.

”Kami bersama seluruh anggota Rotary atau rotaryan sangat senang bisa membantu penduduk Desa Ujunggagak, Kecamatan Kampung Laut. Kami ingin proyek kedua ini berjalan sukses, seperti proyek pertama di Dusun Pelindukan. Ini proyek yang berkelanjutan sehingga akan dilanjutkan lagi,” kata Eva. (ag-87)

 

 

(Suara Merdeka, 20 Januari 2017)