Purna Widya Pratama SMP Maria Immaculata Cilacap Tahun Pelajaran 2016/2017 dilaksanakan pada Jumat, 2 Juni 2017 lalu. Acara ini dimulai sekitar pukul 14.00 dan berakhir pukul 16.00 dan dihadiri oleh orang tua murid serta para siswa-siswi kelas IX yang akan menerima pengumuman kelulusan mereka.

Acara ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan doa bersama serta laporan ketua panitia. Dalam acara ini juga dimeriahkan oleh beberapa siswa-siswi yang menampilkan bakat mereka masing-masing, misalnya persembahan koor dari Kelas IX yang membawakan 2 buah lagu yaitu Selendang Sutra ciptaan Ismail Marzuki dan Bendera ciptaan Cokelat.

Kata Pamit kelas IX diwakilili oleh Hilary Dea Kosanti yang mengucapkan terima kasih untuk kebersamaan selama 3 tahun di SMP Maria Immaculata dan juga pesan untuk adik kelas agar tetap menjaga prestasi serta nama baik SMP Maria Immaculata. Selanjutnya Immanuel Tegar Riven mewaliki kelas VII dan VIII menyampaikan ucapan selamat jalan untuk kakak kelas IX.

Acara selanjutnya adalah persembahan Story Telling oleh Mery Diana Fatmawati yang pernah meraih prestasi juara 3 tingkat Kabupaten tahun 2017. Cerita tentang Bawang Merah dan Bawang Putih menjadi tema utama story telling tersebut. Penampilan Mery cukup menghibur dan membuat tamu undangan tertawa.

Perwakilan wali murid yaitu Bp. Imam Udiantoro, SE juga menyampaikan kesan pesan dalam acara ini. Dalam pidato singkatnya, beliau berterima kasih kepada pihak SMP Maria Immaculata yang sudah mendidik siswa-siswi selama 3 tahun ini. Beliau juga berpesan untuk mempromosikan SMP Maria Immaculata kepada masyarakat luas agar menyekolahkan anak mereka di SMP Maria Immaculata.

Acara dilanjutkan dengan sambutan SMA Yos Sudarso Cilacap yang disampaikan oleh Bp. Albertus Suwandi selaku Kepala Sekolah SMA Yos Sudarso Cilacap. Dalam sambutannya tersebut Bp. Wandi berpesan kepada orang tua murid agar menyekolahkan anak-anak mereka di SMA Yos Sudaros Cilacap. SMP Maria Immaculata dan SMA Yos Sudarso Cilacap berada dalam satu yayasan yaitu Yayasan Sosial Bina Sejahtera. Beliau juga menekankan bahwa jika ada masalah keuangan harap berbicara langsung dengannya karena beliau berharap jangan sampai anak tidak bisa sekolah hanya karena masalah ekonomi.

Pertunjukan selanjutnya menampilkan Anyelir yang membawakan Pidato Bahasa Jawa oleh Anyelir. Prestasi yang pernah dicapai adalah juara 2 tingkat Kabupaten Cilacap. Dalam Pidato Bahasa Jawa ini, Anyelir mengangkat tema tentang Pendidikan di Indonesia, khususnya kondisi pendidikan di daerah tertinggal yang sangat memprihatinkan kondisinya.

Acara selanjutnya adalah Sambutan Kepala SMP Maria Immaculata, Dra. Maria Magdelana Tukilah. Bu Maria memberi penjelasan bahwa pendidikan di SMP Maria Immaculata bukan hanya di bidang akademik tetapi juga pendidikan karakter. Menurut Bu Maria merupakan kesalahan jika orang tua murid menganggap anak pintar hanya jika nilai Matematika 10. Bu Maria menjelaskan bahwa tiap anak diberi talenta yang berbeda. Bisa jadi anak tidak berprestasi di bidang akademik, tetapi berprestasi di bidang lain misalnya olah raga, seni, dan lain-lain. Namun beliau juga mengingatkan bahwa nilai akademik tetap penting khususnya untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya.

Bu Maria selaku Kepala Sekolah SMP Maria Immacaluta Cilacap melanjutkan dengan acara serah terima siswa-siswi ke orang tua murid. Hal ini merupakan simbolisasi untuk mengembalikan siswa-siswi kepada orang tua setelah ‘dititipkan’ untuk menerima pendidikan selama 3 tahun.

K640_20170602_153612

Pengumuman 5 besar rangking Nilai Ujian Nasional disampaikan oleh Ibu Raden Roro Rosalia Triamdari, S.Pd.Ing selaku Seksi Kurikulum SMP Maria Immaculata. Peringkat I diraih oleh Hilari Dea Kosanti dengan jumlah nilai 351,5. Peringkat II diraih oleh Veronika Ivana Florensia P. dengan jumlah nilai 322,5. Peringkat III diraih oleh Angelina Debora Santika M dengan jumlah nilai 311,5. Peringkat IV diraih oleh Rizal Prasetyo dengan jumlah nilai 294,5. Peringkat V diraih oleh Riesato Samuel Parningotan dengan jumlah nilai 290,5. Siswa-siswi yang berprestasi tersebut naik ke atas panggung didampingi orang tua untuk menerima piala dan piagam penghargaan. K640_20170602_154526

Nilai tertinggi Ujian Nasional per mata pelajaran diraih oleh Hilari Dea Kosanti untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Sedangkan Nilai tertinggi Ujian Nasional Mata Pelajaran Bahasa Inggris diraih oleh Riesato Samuel Parningotan. Hilari Dea Kosanti juga mendapatkan nilai tertinggi Ujian Sekolah dengan jumlah 1054, rata-rata 87,83.

Penampilan terakhir adalah persembahan musik dari kelas VIII dan ditutup dengan doa bersama. Penerimaan nilai dan pengumuman kelulusan dilakukan per kelas. Tingkat kelulusan SMP Maria Immaculata Cilacap tahun Pelajaran 2016/2017 adalah 100% lulus dari 35 anak. Selamat untuk siswa-siswi kelas IX SMP Maria Immaculata Cilacap.