SMA Yos Sudarso Sokaraja

tampak-depan
Project Details
Donors
Location
Share this
Description

logo

SMA Yos Sudarso Sokaraja merupakan salah satu sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Sosial Bina Sejahtera (YSBS) yang beralamat di Desa Sokaraja Kulon RT03/RW10, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas.

SEJARAH SINGKAT SEKOLAH:

SMA Yos Sudarso Sokaraja berada di Kecamatan Sokaraja, namun lebih dekat dengan pinggir kota Purwokerto yang berdiri pada tanggal 18 Maret 1986.  SMA Yos Sudarso Sokaraja terletak di Jalan Supardjo Rustram. Jalan Suparjo Rustam merupakan jalan propinsi yang menghubungkan kota Purwokerto dengan Sokaraja, Banyumas, dan Purbalingga.   Dengan lokasi ini, maka siswa-siswi SMA Yos Sudarso Sokaraja banyak yang berasal dari daerah-daerah tersebut.

lokasi-sekolah

SMA Yos  Sudarso Sokaraja mendapat  Persetujuan  Pendirian dari Kepala Bidang Dikmenum Kanwil Depdikbud Propinsi  Jawa Tengah dengan surat no. 109/I03.8.4/A-1986 tanggal 18 Maret 1986. Ijin Pendirian  sekolah  dikeluarkan  oleh  Kepala  Kantor Wilayah  Depdikbud    Jawa  Tengah  no.  2395/I03/i-87 tanggal 22 Desember 1987 dengan :

NOMOR STATISTIK SEKOLAH                               :       3040220035

NOMOR DATA SEKOLAH                                        :       C.1514400

Akreditasi :

  • Jenjang DISAMAKAN dengan SK Dirjen Dikdasmen no. 009/C/kep/I/1990 tanggal 20 Januari 1990.
  • Jenjang DISAMAKAN : dengan SK Dirjen Dikdasmen No.004/C/kep/I/1995 tanggal 22 Maret 1995.
  • Jenjang DISAMAKAN : dengan Keputusan Dinas pendidikan Kabupaten Banyumas Tahun 2001
  • Jenjang Akreditasi A :  dengan Keputusan Badan Akreditasi Sekolah Propinsi Jawa Tengah No Ma.005838 Prov-03 tanggal 13 Oktober 2006.
  • Jenjang Akreditasi A : dengan Keputusan Badan Akreditasi Sekolah Propinsi Jawa Tengah No. 37/BAP-SM/III/2011 tanggal 22 Maret 2011
  • Jenjang Akreditasi A : dengan Keputusan Badan Akreditasi Sekolah Propinsi Jawa Tengah No. 167/BAP-SM/XI/2015 tanggal 16 November 2015.

 

VISI, MISI, TUJUAN SEKOLAH DAN RENCANA STRATEGIS

Visi

SMA Yos Sudarso  sebagai masyarakat belajar (learning society) yang menumbuhkan talenta siswa (growing the talent) dalam cinta kasih sesama dan rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air.

  • Talenta siswa yang dikembangkan terdiri dari talenta  intelektualitas (daya pikir), dan talenta psikomotoris (daya gerak).
  • Cinta kasih kristiani melandasi pengembangan kecerdasan intelelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual.
  • Cinta tanah air dikembangkan sebagai warga masyarakat dan warga bangsa.

Indikator dari  pencapaian Visi tersebut  adalah sebagai berikut :

  • Terlaksananya Pengembangan diri untuk membina budi pekerti luhur dan kepribadian siswa dalam wujud cinta sesama dan cinta terhadap bangsa dan  tanah airnya (spiritualitas).
  • Meningkatnya mutu akademis siswa  yang ditandai dengan  perolehan hasil belajar yang lebih baik dalam  nilai rapor dan Nilai Ujian Nasional dan Ujian Sekolah  (intelektualitas),
  • Terlaksananya pembelajaran yang tertib dalam pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (intelektualitas),
  • Terselenggarakannya pelatihan kecakapan hidup (life skill), olahraga dan seni serta bahasa Inggris (psikomotorik).
  • Terwujudnya sikap handarbeni seluruh stakeholders sekolah dalam ikatan keluarga besar Yos Sudarso yang saling asah, asih dan asuh.

Misi

  1. Menyelenggarakan pengembangan diri dan pembinaan kepribadian untuk mewujudkan cinta kasih kristiani yaitu cinta sesama dan cinta terhadap bangsa dan tanah air .
  2. Mengembangkan kecerdasan spiritual, intelektual dan emosional secara seimbang.
  3. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan untuk melaksanakan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan.
  4. Menerapkan nilai-nilai budi pekerti, moral dan estetika dalan Pembelajaran.
  5. Membina siswa dalam prestasi akademis untuk mencapai Standar Kelulusan.
  6. Melatih siswa untuk menguasai teknologi informasi berbasis computer (ICT), teknik mekanik otomotif, pengembangan seni peran dan seni lainnya, serta pembinaan olahraga untuk membawa nama baik sekolah dan daerah di tingta lokal, regional, nasional maupun internasional
  7. Meningkatnya penguasaan Bahasa Inggris siswa secara aktif (listening dan speaking) yang membekali siswa untuk memperoleh akses informasi dan kerja yang lebih prospektif.
  8. Menyelenggarakan pembinaan khusus untuk menumbuhkan motivasi, dan mengembangkan bakat dan minat siswa.
  9. Meningkatkan kapasitas profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan yang bersemangat melayani.
  10. Menyediakan tenaga pendidik dan kependidikan secara profesional dan proporsional
  11. Menyelenggarakan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah (akuntabel,transparan, tertib dan rapi)
  12. Menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap dan berkualitas
  13. Menumbuhkan budaya tertib dan disiplin pada seluruh komunitas sekolah
  14. Membudayakan sikap kritis, kreatif, inovatif, sportif dan konstruktif
  15. Menumbuhkan semangat nasionalisme
  16. Membangun jaringan dan kerjasama dengan berbagai komponen masyarakat
  17. Menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif, bersih, aman dan nyaman
  18. Meningkatkan penggunaan tekhnologi informasi dalam penyelenggaraan sekolah
  19. Membina sikap handarbeni seluruh stakeholders sekolah dalam ikatan keluarga besar Yos Sudarso yang saling asah, asih dan asuh.

Dalam pelaksanaan misi tersebut  hal-hal yang menjadi pokok perhatian sekolah adalah :

  1. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, sehingga setiap siswa dapat mencapai Standar Kelulusan untuk mengembangkan intelektualitasnya secara optimal sesuai dengan   potensi yang dimiliki.
  2. Melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
  3. Melatih siswa agar memiliki ketrampilan Komputer untuk memperoleh Sertifikat Komptensi sebagai kecakapan hiodup untuk bekal bekerja.
  4. Membina Siswa dalam bidang Olahraga dan Seni sesuai dengan bakat dan minatnya serta kemampuan bahasa Inggris secara aktif sebagai alat komunikasi dan modal bekerja .
  5. Melakukan pembinaan Kepribadian siswa (mental spiritual) dalam bentuk bimbingan secara kolektif maupun individual.

Tujuan

Tujuan yang akan dicapai sebagai rencana kegiatan dan pelaksanaan program pembelajaran di SMA Yos Sudarso Sokaraja di deskripsikan sebagai berikut :

  1. Tujuan Tingkat Satuan Pendidikan

Tujuan Pendidikan menengah adalah mengembangkan dan meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, serta ketrampilan, untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

  1. Tujuan SMA Yos Sudarso Sokaraja

Dari tahun 2008 sampai dengan tahun 2014, tujuan yang hendak di capai difokuskan pada hal-hal berikut :

a. Meningkatkan manajemen sekolah yang meliputi :

  • Koordinasi dengan instansi struktural maupun non struktural.
  • Konsolidasi dan diskusi dengan seluruih guru, dan tenaga kependidikan.
  • Sosialisasi semua  program sekolah dengan stakeholder sekolah.
  • Menyediakan peralatan dan  dan  sarana yang mencukupi.
  • Melaksanakan Rapat koordinasi dan evaluasi.
  • Melaksanakan monitoring dan  pelaporan.

b. Melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

  • Sosialisasi internal kepada seluruh warga sekolah    (guru, tenaga kependidikan lain, siswa), seluruh warga sekolah memahami KSPBK.
  • Pelatihan  penyusunan silabus, perangkat pengujian / penilaian berbasis kompetensi serta pengelolaan Kegiatan Belajar Mengajar dengan target semua guru sudah ahli dalam menyusun silabus pada tahun 2014.
  • Pengembangan teaching and learning  material sebanyak 80 % seluruh mata pelajaran.
  • Pengembangan multimedia, software pembelajaran dan sistem informasi sekolah sebanyak  80% kebutuhan pembelajaran terpenuhi pada tahun 2014, Secara khusus sekolah  mengembangkan penguasaan Bahasa Inggris secara aktif (oral skills – Listening dan Speaking) lewat pembelajaran dalam lab. Bahasa pada tingkat Elementary (TOEFL).

c. Mengembangkan fasilitas / sarana & prasarana yang mendukung pembelajaran dengan menyediakan ruang Audio visual dan multimedia, meningkatkan pendayagunaan laboratorium IPA (Fisika, Kimia, dan Biologi), serta meningkatan pendayagunaan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar.

d. Meningkatkan / mengembangkan personalia yang meliputi tenaga guru, tenaga administasi, laboran dan pustakawan.

Rencana Strategis

Sasaran / Kebutuhan Sekolah

1.Aspek   Peningkatan Manajemen Sekolah :

  • Meningkatkan koordinasi dengan Dinas Pendidikan, Pemerintah Kabupaten, masyarakat luas, dunia usaha, PGRI, MKKS, MGMP, Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah  dalam rangka pemberdayaan sumberdaya lingkungan.
  • Meningkatkan konsoliadsi dan diskusi dengan guru-guru yang telah mengikuti pelatihan pengembangan silabus dan sistem penilaian.
  • Mengadakan sosialisasi  kepada seluruh warga sekolah (guru, laboran, pustakawan,  tenaga administrasi dan komite sekolah)
  • Mengundang nara sumber untuk memberikan pelatihan penyempurnaan silabus dan sistem penilaian.
  • Menyediakan peralatan, alat tulis dan materi KTSP.
  • Mengadakan rapat koordinasi dan evaluasi program sekolah secara berkala.
  • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan secara teratur.

2.Aspek Pengembangan Kurikulum dan Sistem Penilaian :

  • Menyempurnakan silabus dan sistem penilaian.
  • Mengadakan remidial dan pengayaan bagi siswa yang membutuhkan.
  • Memperbanyak materi pembelajaran untuk remidial dan pengayaan.
  • Menganalisis hasil evaluasi belajar siswa dengan sistem komputerisasi.
  • Memperkuat sistem pendataan siswa dengan sistem komputerisasi.
  • Menyediakan dokumen kurikulum dan sistem pengujian.

3.Aspek Pembinaan Kesiswaan.

  • Membina siswa agar mematuhi peraturan dan tata tertib sekolah dengan baik, terutama :Kehadiran siswa di sekolah, Waktu masuk sekolah (tidak ada siswa datang terlambat), Pemakaian seragam sekolah, Mengikuti pelajaran di kelas.
  • Meningkatkan efektivis jam belajar sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.
  • Meningkatkan  iklim belajar yang kondusif untuk mencapai hasil belajar yang optimal.

4.Aspek Pengembangan Fasilitas / Sarana Prasarana.

  • Mengadakan sumber belajar yang meliputi : Buku referensi guru, software pembelajaran dan VCD player.
  • Mengadakan alat bantu belajar yang meliputi LCD Projector, Komputer dan VCD materi pembelajaran tiap bidang studi.
  • Mengadakan software dan hardware pembelajaran dalam rangka pengembangan Teknologi Informasi.
  • Mengadakan laboratorium multimedia

5.Aspek Pengembangan Ketenagaan / Personalia.

  • Meningkatkan kemampuan dan metodologi mengajar guru.
  • Mengadakan studi banding ke sekolah dan lembaga yang berkaitan dengan bidang studi.
  • Meningkatkan kemampuan tenaga administrasi, laboran, dan pustakawan.

6.Aspek Lainnya.

  • Meningkatkan pembelajaran yang menyenangkan, pembelajaran di luar kelas / sekolah.
  • Meningkatkan kegiatan laboratorium, praktek dan ekstra kurikuler.

 

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

SMA Yos Sudarso Sokaraja  sebagai salah satu Sekolah Kategori Mandiri / Sekolah Standar Nasional, maka Standar Kompetensi Lulusan SMA Yos Sudarso Sokaraja berpedoman pada Standar Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Atas yang telah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006.  Dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan tersebut diharapkan lulusan SMA Yos Sudarso Sokaraja dapat mencapai standar mutu pendidikan yang dapat dipertanggungjawabkan secara nasional.  Standar Kompetensi Lulusan tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
  2. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
  3. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya
  4. Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
  5. Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global
  6. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
  7. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
  8. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
  9. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik
  10. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks
  11. Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial
  12. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
  13. Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
  14. Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya
  15. Mengapresiasi karya seni dan budaya
  16. Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok
  17. Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan
  18. Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun
  19. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
  20. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
  21. Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis
  22. Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris
  23. Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan tinggi

 

SISWA DAN KELAS (ROMBEL)

Berikut data siswa tahun ajaran 2016/2017

  • Kelas X, jumlah rombel=1, jumlah siswa laki-laki=11, jumlah siswa perempuan=26, total 37
  • Kelas XI IPA, jumlah rombel=1, jumlah siswa laki-laki=7, jumlah siswa perempuan=8, total 15
  • Kelas XI IPS, jumlah rombel=1, jumlah siswa laki-laki=10, jumlah siswa perempuan=11, total 21
  • Kelas XII IPA, jumlah rombel=1, jumlah siswa laki-laki=7, jumlah siswa perempuan=11, total 18
  • Kelas XII IPS, jumlah rombel=1, jumlah siswa laki-laki=10, jumlah siswa perempuan=11, total 21

 

FASILITAS

Sarana dan Prasarana

  • Ruang teori/kelas= 7
  • Lab IPA= 3
  • Lab Komputer= 1
  • Perpustakaan=1

perpus-1 perpus-2

  • Ruang Doa=1
  • Kantor/Pelayanan Siswa=1
  • Ruang Guru= 1
  • Ruang Kepala Sekolah=1
  • Ruang Kurikulum=1
  • Ruang Kesenian=1
  • Ruang Kesiswaan=1
  • Ruang Multimedia=1
  • Ruang Lab. Bahasa=1

lab-bahasa

  • Ruang Musik=1

ruang-musik-2 ruang-musik-1

  • Ruang Moving Class=1
  • Aula=1

aula

  • Gudang=2
  • Lainnya (Kantin, KM, Penjaga)= 10

kantin

 

KETENAGAAN

Kepala Sekolah:

Nama                            :       Dra. Ch. Retno Indriastuti

NIP.                               :       –

Tempat/Tgl Lahir      :       Yogyakarta,1 November 1962

Pendidikan                 :       Sarjana Pendidikan  Jurusan Matematika

SK Pengangkatan     :    SK Yayasan Sosial Bina Sejahtera No.18/YSBS/Kpts/Pend/VII/2010 tanggal 30 Juli 2010

Alamat                          :       Perum Yos Sudarso, Pamijen Rt.02/Rw.04. Sokaraja.

Data Guru/Karyawan Tetap menurut Pangkat/Golongan

  • Guru Tetap Yayasan= 15 orang
  • Guru Tidak Tetap Yayasan= 5 orang
  • Pegawai Tetap Yayasan= 6 orang

 

PRESTASI YANG PERNAH DIRAIH

Prestasi yang pernah di raih oleh SMA Yos Sudarso Sokaraja dalam 10 tahun terakhir diantaranya :

Akademik

Jenis Kejuaraan Peringkat Tahun
1.     Cepat Tepat SMU Kabupaten Banyumas Ranking 6  1998
2. Lomba Matematika SMA Kabupaten Banyumas 16 dari 64 2006
3. OSN Matematika tingkat kabupaten Lima besar 2015

Non Akademik

No Jenis Kejuaraan Peringkat Tahun
1. Lomba Menyanyi Tunggal Putri SLTA Juara 2 2000
2. Panjat Tebing : dari  perguruan tinggi (6 kali) Juara 2, 3 2000-02
3. Bee Production Singing Kontest – Purwokerto Juara  H.1 2001
4. Pencak Silat POPDA Kab. Banyumas Juara  2 Pa 2001
5. Lomba gerak Jalan Pramuka Penegak Putra dan Putri Juara  2 2002
6. Lomba Bola Basket Hexos Cup Purwokerto Juara 2 2002
7 Lomba Bola Volley SMA se Kab. Banyumas Juara 2 2003
8. Pentas Seni kemah Budaya Propinsi Jawa Tengah Juara 2 2004
9. Betako Merpati Putih Emas  Perak 2005
10. Bulu btangkis POPDA Jawa Tengah Perak 2005
11. Bulu Tangkis Tunggal Putra se Kab. Banyumas Juara 1 2006
12. Bulu Tangkis Beregu se Kab. Banyumas Juara 1 2006
13. Tolak Peluru Putri Kab. Banyumas Juara 1 2006
14. Lempar cakram Putri Kab. Banyumas Juara 1 2006
15. Lempar Cakram – Kejuaraan Atletik Satri Cup Tingkat Jawa Tengah Juara 2 2007
16. Lempar Cakram – POPDA SMA Tingkat Jawa Tengah Juara 2 2007
17. Lempar Cakram – Pesta Olahraga Wilayah Kedu, Pekalongan, Banyumas Juara 2 2007
18. Lari 100 m –POPDA Kab. Banyumas Juara 3 2008
19. Lompat Tinggi – Pekan Olahraga Kab. Banyumas Juara 1 2008
20. Lari Estafet 4 x 400 m – Pekan Olahraga Kab. Banyumas Juara 2 2008
21. Loncat Tinggi – POPDA Provinsi Jawa Tengah Juara 2 2009
22. Lari Estafet 4 x 400 m – Pekan Olahraga Provinsi Jawa Tengah Juara 2 2009
23. Lari Estafet 4 x 400 m – Pekan Olahraga Provinsi Jawa Tengah Juara 1 2009
24 Loncat Tinggi – Pekan Olahraga Provinsi Jawa Tengah Juara 1 2009
25 Lomba Dongeng Cerita Rakyat – Kemah Budaya Tingkat Provinsi Jawa Tengah Juara 1 2010
26 Lomba Mading – Kemah Budaya Tingkat Provinsi Jawa Tengah Juara 2 2010
 

27

Renang 200 m gaya Kupu-Kupu Putri Tingkat Kabupaten Juara 1 2011
 

28

Renang 100 m gaya Kupu-Kupu Putri

Tingkat Kabupaten

Juara 2 2011
29 Renang 50 m gaya Kupu-Kupu Putri Tingkat Kabupaten Juara 2 2011
30 Renang 50 m gaya Kupu-Kupu  Putri Juara 3 2011
31 Tolak Peluru Putri Tingkat Kabupaten Juara 1 2011
32 Lari 100 m putri Tingkat Kabupaten Juara 3 2011
33 Tolak Peluru Putri Tingkat Provinsi Juara 3 2011
34 Lomba Basket tingkat Kabupaten Juara 3 2011
35 Lomba Bulu Tangkis Putra Tingkat Kabupaten Juara 3 2011
36 Lomba Bulu Tangkis Putra Tingkat Kabupaten Juara 1 2012
37 Renang putra Tingkat Kabupaten Juara 1 2012
38 Renang Putri Tingkat Kabupaten Juara 2 2012
39 Team Turnamen sepak Bola KU 16 se Jawa Piala Rektor UNS . Dies Natalis UNS 4-6 Maret 2011 di Solo Juara 1 2011
40 Team Putri Pramuka SMA Yos Sudarso . Pawai Gerak Jalan dan Gelar Potensi Prestasi Tingkat Kabupaten Banyumas Juara Harapan 3 2011

 

KEGIATAN EKSTRA KULIKULER DAN KEGIATAN SEKOLAH LAINNYA

Kunjungan ke Perpustakaan

perpus-3 perpus-5 perpus-7 perpus-8 perpus-9 perpus-10 perpus-11

Kegiatan Musik

musik-1 musik-2 musik-3 musik-4

Lomba Antar Kelas

lomba-1 lomba-2 lomba-3 lomba-4 lomba-5 lomba-6 lomba-8 lomba-10 lomba-11 lomba-12

 

 

KERJA SAMA SEKOLAH

Banyaknya kendala yang dialami oleh sekolah untuk mengelola dan mengembangkan sekolah, menuntut sekolah perlu menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang peduli dengan pendidikan.

1.Kerjasama dengan Orang Tua Peserta Didik

Kerjasama dengan Orang Tua Peserta Didik dilaksanakan melalui Komite Sekolah.  Kerjasama ini guna pengembangan sekolah sebagai :

  1. Donatur dan pencarian donatur / pihak ke-3 dalam menunjang kegiatan dan sarana sekolah.
  2. Mitra sekolah dalam pembinaan pendidikan
  3. Mitra dialog dalam peningkatan kualitas pendidikan.

2.Kerjasama dengan Alumni

Kerjasama antara sekolah dengan almuni belum dapat berjalan dengan baik.  Pendataan alumni secara cermat dan akurat merupakan kendala yang dialami sekolah.  Sementara data sangat diperlukan guna mengembangkan kerjasama yang baik.

3.Kerjasama dengan Lembaga / Organisasi Lain di Dalam Negeri

Hubungan yang harmonis dengan lembaga-lembaga / organisasi-organisasi lain yang peduli terhadap pendidikan sangat membantu dalam pengembangan dan peningkatan pendidikan di SMA Yos Sudarso Sokaraja.  Kerjasama ini dapat berupa peningkatan SDM maupun pengembangan sarana pembelajaran.

4.Kerjasama dengan Lembaga / Organisasi Lain di Luar Negeri

SMA Yos Sudarso Sokaraja membentuk Sister School dengan Aquinas Collage, Gold Coas, Australia.  MOU telah ditanda-tangani.

Bentuk kegiatan adalah pertukaran guru dan siswa dari keduasekolah mulai tahun 2010.  Siswa kedua sekolah akan belajar mengembangkan penghargaan satu sama lain, mempelajari budaya masing-masing negara asal sekolah dan beberapa hal berkaitan dengan kurikulum sekolah.  Semua kegiatan dibangun dalam bentuk semangat solidaritas

 

Related Projects

Comments

    No Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Fields marked * are mandatory.

*