Infrastruktur

Project 2 Kegiatan 2
Project Details
Donors Miesereor, Rotary Cilacap, Rotary International
Location Cilacap, Kampunglaut
Share this
Description

Program pembangunan dam di Rawa Bendungan Kelurahan Mertasinga Cilacap

Yayasan Sosial Bina Sejahtera membuat program pembangunan bendungan dam di Rawa Bendungan sekitar tahun 1989 mencakup lahan seluas 125 hektar. Tujuan program ini adalah:

  • Mencegah banjir
  • Meningkatkan Kwalitas bendungan
  • Membangun Jembatan baru

Setelah bendungan tersebut dibangun, tentu saja ada beberapa dampak positif, antara lain:

  • Bencana banjir dapat ditanggulangi
  • Tersedia air cukup bagi pertanian disekitarnya
  • Sumber mata air sumur terjamin
  • Di atas bendungan terdapat jembatan yang kokoh, yang menunjang kelancaran lalu lintas
  • Muncul mata pencaharian baru bagi masyarakat sekitarnya, misalnya : Nelayan budi daya keramba ; pengusaha warung makan
  • Rawa juga menjadi tempat rekreasi, pemancingan ikan

Berikut foto-foto dam di Rawa Bendungan Kelurahan Mertasinga Cilacap yang dibangun Yayasan Sosial Bina Sejahtera saat baru saja selesai dibangun:

?

Cek-dam bangunan YSBS di desa Tritih Wetan, Kabupaten Cilacap, dilihat dari depan

?

Cek-dam bangunan YSBS di desa Tritih Wetan, Kabupaten Cilacap, dilihat dari belakang

?

Anak-anak bermain di dam

?

Anak-anak bermain di dam

Berikut foto-foto dam di Rawa Bendungan Kelurahan Mertasinga Cilacap yang dibangun Yayasan Sosial Bina Sejahtera pada tahun 2013:

 

K640_8 K640_9 K640_10

Foto-foto di atas menunjukkan lokasi Area Rawa Bendungan dari jauh

K640_11 K640_12 K640_13 K640_14 K640_15 K640_16

Foto-foto di atas menunjukkan  jembatan yang kokoh dan dapat menunjang kelancaran lalu lintas yang ada di atas lokasi bendungan

K640_17 K640_18 K640_19

Foto-foto di atas menunjukkan lokasi wisata yang ada di area Rawa Bendungan

K640_20 K640_22

K640_21

Foto-foto di atas menunjukkan muncul mata pencaharian baru bagi masyarakat sekitarnya, misalnya : nelayan budi daya keramba, pengusaha warung makan, dan pengusaha pemancingan umum

 

Program di Kampung Laut khususnya di Penikel dan Pelindukan

Food Security Program: Proyek di Penikel dan Pelindukan, Kampung Laut, Cilacap

Sebelumnya di Desa Penikel dan Pelindukan, Kampung Laut, Cilacap karena tidak ada tanggul / gerbang / gorong-gorong / kanal, tanah tergenangi oleh air laut saat pasang tinggi, dan tergenangi air tawar di saat banjir selama musim hujan. Maka dibangunlah tanggul akan memecahkan ada dua masalah tersebut. Namun hujan deras juga menyebabkan genangan air karena tanah tersebut rendah. Maka dengan adanya gerbang / gorong-gorong / kanal, energi dari sungai yang banjir akan dibawa dalam air yang sarat dengan sedimen ke tanah yang letaknya rendah.

Air yang terperangkap yaitu lumpur sedimen tersebut akan menuju ke sawah  yaitu dataran yang lebih rendah. Sungai ini memiliki 770.000 ton sedimen setiap tahun, yang sangat berat dan membuat kebuntuan di laguna ke laut dan meningkatkan genangan air di tanah. Kami bermaksud untuk mengalirkan lumpur ini melalui gerbang / gorong-gorong / kanal dan pintu gerbang sehingga memungkinkan petani untuk mengontrol jumlah lumpur yang mengalir ke ladang. Tanggul / gerbang / gorong-gorong / kanal tersebut akan membuka pada saat musim kering dan menutup pada musim penghujan secara otomatis. Proses ini akan meningkatkan hasil panen hingga tiga kali lipat.

Proyek ini juga menjunjung tingi kearifan lokal dan memperoleh dukungan badan-badan pemerintah daerah yang terkait. Reklamasi tanah tersebut juga menghasilkan sayuran jagung, dll di musim kemarau. Selain manfaat ekonomi dari “insentif” yang penduduk desa dapatkan off season (ketika tidak ada pekerjaan yang harus dilakukan di sawah), ada manfaat lainnya karena tanggul tersebut bisa difungsikan juga sebagai jalan.

Program ini bekerja dalam kerjasama dengan instansi pemerintah terkait antara lain:

  1. Dinas Bina Marga, Sumber Daya Air, Energi dan Sumber Daya Mineral
  2. Badan Lingkungan Hidup
  3. Dinas Cipta Karya
  4. Pejabat di daerah Kampung Laut
  5. Dinas Kesehatan
  6. Dinas Perhubungan
    dll

Selain didukung penuh oleh pemerintah Daerah Cilacap, program ini dapat berjalan lancar dengan dukungan dari lembaga donor Yayasan Sosial Bina Sejahtera yaitu Misereor dan Rotary.

Program ini secara dikerjakan secara langsung oleh masyarakat sekitar, yang paling penting adalah masyrakat dan sistem gotong royong di mana para masyrakat bekerja bersama-sama untuk mendapatkan “insentif” dan memastikan hasil yang sangat baik sebagai manfaat akan dialami langsung oleh masyarakat itu sendiri. Semua proyek harus direncanakan, dilaksanakan dan dikelola oleh masyarakat setempat dan hasilnya pun berguna untuk penduduk setempat itu sendiri.

Tanggul / Gerbang / Gorong-Gorong / Kanal yang Dibangun

K1600_Slide12 K1600_Slide13 K1600_Slide14 K1600_Slide15 K1600_Slide16 K1600_Slide17 K1600_Slide18  K640_Slide34 K640_Slide35 K640_Slide36

Hasil Panen yang Berlimpah

K640_Slide9 K640_Slide10 K1600_Slide21 K1600_Slide22 K1600_Slide23 K640_Slide11

 

Related Projects

Comments

    No Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Fields marked * are mandatory.

*