Bea Siswa Kambing

?
Project Details
Donors
Location Cilacap, Gandrungmangu, Jeruklegi
Share this
Description

Sebagai sebuah negara berkembang, angka kemiskinan di Indonesia cukup tinggi sehingga berdampak pada kurangnya kesempatan mendapat pendidikan yang layak bagi masyarakat miskin. Mulai tahun 2008, Yayasan Sosial Bina Sejahtera (YSBS) menyelenggaran bea siswa khusus dengan nama bea siswa kambing. Program ini sama dengan bea siswa lainnya yang pada intinya membantu masyarakat kurang mampu khususnya anak-anak untuk mendapatkan pendidikan yang layak meskipun terkendala masalah ekonomi.

Bea siswa kambing ini diberikan untuk siswa-siswi berprestasi namun tidak mampu secara ekonomi. Sekolah-sekolah di bawah naungan YSBS yang siswa-siswinya mendapat kesempatan untuk mendapatkan bea siswa kambing antara lain:

  1. SMP Yos Sudarso Jeruklegi
  2. SMA Yos Sudarso Jeruklegi
  3. SMK Yos Sudarso Jeruklegi
  4. SMP Yos Sudarso Gandrungmangu
  5. SMP Pius Sidareja

Bea siswa kambing ini cukup unik karena bukan uang tunai yang diberikan melainkan kambing. Kambing sendiri dipilih karena merupakan salah satu hewan ternak yang mudah untuk dibiakkan dan perwatannya juga tidak begitu sulit. Sistem bea siswa kambing ini adalah siswa-siswi tersebut mendapat satu induk kambing dan harus dipelihara sehingga bisa menghasilkan anak. Anak kambing inilah yang akan dijual untuk menambah biaya sekolah. Setelah siswa-siswi tersebut lulus, mereka diharuskan untuk mengembalikan 1 induk kambing lagi ke yayasan.

Induk kambing yang dikembalikan oleh siswa-siswi yang sudah lulus tersebut akan diberikan kembali ke adik kelas. Sehingga program bea siswa ini dapat berjalan terus menerus dan berkesinambungan.

Berikut beberapa foto dokumentasi bea siswa kambing oleh YSBS:

?

Kambing-kambing yang disipakan untuk bea siswa kambing

?

Kambing-kambing mulai diturunkan dari mobil

?

Berkumpul untuk pemberian bea siswa kambing

?

Kambing-kambing untuk bea siswa sudah diterima

?

Pengecekan kambing

?

Beberapa siswa-siswi penerima bea siswa kambing

?

Mengendong anak kambing dari bea siswa kambing

 

Related Projects

Comments

    No Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Fields marked * are mandatory.

*